Bersama Kita Bisa, Bersama Itu Kuat

MASIGNCLEAN101

SYARAT PENSIUN PNS SERTA PENSIUN JANDA/ DUDA BKN TERBARU

SYARAT PENSIUN PNS SERTA PENSIUN JANDA/ DUDA BKN TERBARU

BKN merilis peraturan no 2 tahun 2018 tentang syarat pensiun PNS atau pensiun duda/ janda. ini sebagai pedoman pertimbangan teknis untuk pensiun, Pada saat Peraturan Badan ini mulai berlaku, pertimbangan teknis pensiun Pegawai Negeri Sipil diberikan kepada Pegawai Negeri Sipil yang diberhentikan dengan hormat dan memiliki hak untuk mendapatkan pensiun berupa jaminan hari tua. Syarat Pengajuan Pensiun ini menjadi pedoman terbaru yang kami harapkan bisa diteliti dan difahami agar memudahkan proses pengajuan bagi PNS yang akan memasuki masa pensiun.

SYARAT PENSIUN PNS SERTA PENSIUN JANDA/ DUDA BKN TERBARUSiapa saja PNS yang bisa mengajukan pensiun ini, ini adalah PNS yang berhenti dengan hormat bukan yang dihentikan karena pelanggaran, berikut daftarnya :
Berikut pada pasal 5 disebutkan bahwa Pada saat Peraturan Badan ini mulai berlaku, pertimbangan teknis pensiun Pegawai Negeri Sipil diberikan kepada Pegawai Negeri Sipil yang diberhentikan dengan hormat karena:
  1. Mencapai batas usia pensiun (BUP)
  2. atas kehendak/ permintaan sendiri
  3. perampingan organisasi atau pengaruh kebijakan pemerintah
  4. tidak cakap jasmani atau rohani (tidak sehat)
  5. meninggal dunia, tewas, atau hilang
  6. mencalonkan diri atau dicalonkan menjadi presiden, wakil presiden, ketua, wakil ketua, anggota DPR dan DPD, gubernur dan wakil, bupati/ walikota, wakil bupati/ wakil walikota
  7. menjadi anggota atau pengurus partai politik
  8. tidak menjabat lagi sebagai pejabat negara
  9. pemberhentian karena hal lain yang berupa tidak melaporkan diri kembali kepada instansi induknya setelah selesai menjalankan cuti di luar tanggungan negara, menggunakan ijazah palsu, atau tidak melapor setelah selesai menjalankan tugas belajar; 
Pada peraturan ini sebenarnya ditujukan kepada PPK (Pejabat Pembina Kepegawaian) namun dalam hal ini anda yang mengajukan pensiun atau pensiun janda/ duda memiliki ini bisa menjadi pedoman dan memudahkan dalam kepengurusan, jika berkas lengkap maka proses pensiun lebih cepat dan tidak perlu banyak bolak-balik untuk mengurus pensiun karena ini terkait jaminan pensiun.

Dalam Peraturan Badan ini yang dimaksud dengan: 1. Pegawai Negeri Sipil yang selanjutnya disingkat PNS adalah Warga Negara Indonesia yang memenuhi syarat tertentu, diangkat sebagai Pegawai Aparatur Sipil Negara yang selanjutnya disingkat pegawai ASN secara tetap oleh pejabat pembina kepegawaian untuk menduduki jabatan pemerintahan. 2. Pejabat Pembina Kepegawaian yang selanjutnya disingkat PPK adalah pejabat yang mempu.nyai kewenangan menetapkan pengangkatan, pemindahan, dan pemberhentian Pegawai ASN dan Pembinaan manajemen ASN di Instansi Pemerintah sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan. 3. Batas Usia Pensiun yang selanjutnya disingkat BUP adalah batas usia PNS harus diberhentikan dengan hormat sebagai PNS. 4. Janda adalah isteri sah menurut hukum dari PNS atau penerima pensiun PNS yang meninggal dunia. 5. Duda adalah suami yang sah menurut hukum dari PNS wanita atau penerima pensiun PNS wanita yang meninggal dunia dan tidak mempunyai isteri lain.Anak adalah anak kandung yang sah atau anak kandungl anak yang disahkan menurut undang-undang negara dari PNS, penerima pensiun PNS, atau penerima pensiun Janda/Duda PNS. Orang Tua adalah ayah kandung danlatau ibu kandung dari PNS. Sistem Aplikasi Pelayanan Kepegawaian yang selanjutnya disingkat SAPK adalah sistem informasi berbasis komputer yang disusun sedemikian rupa untuk pelayanan kepegawaian. Pertimbangan Teknis Pemberian Pensiun PNS dan Pensiun Janda/Duda PNS adalah pertimbangan teknis yang ditetapkan oleh Kepala Badan Kepegawaian Negara /Kepala Kantor Regional Badan Kepegawaian Negara kepada PNS yang diberhentikan dengan hormat dengan hak pensiun.

Baiklah kawan-kawan yang memerlukan pedoman ini silahkan klik link/ tautan yang kami bagikan di bawah ini :


Demikian lah informasi kami hari ini, terima kasih atas kunjungannya di situs kami duniaedukasikita.com semoga artikel ini memberikan manfaat buat kawan-kawan semuanya, mohon maaf sekiranya jika ada kekurangan dalam sajian dalam artikel ini. jangan lupa untuk berkunjung kembali di artikel kami lainnya.

Ya Rabbi Shalli 'Ala Muhammad Waftah Minal Khairi Kulla Mughlaq
Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Share This :